Jumat, 29 Juni 2012

Catatan SMA part 4 : Dhuha

oke dilanjutin dengan topik "sholat Dhuha"

sebagaimana arti dhuha didalam al Qur'anul karim bahwa dhuha itu waktu matahari sepenggal naik, menurut hadist waktu dhuha ini dari matahari yang berangsur naik ampe unta gak betah dari tempat ia duduk a;lias udah panas atau bisa disamakan sekitar jam 11an lah.

nah di SMAN 6 Palembang Dhuha ini diperkenalkan kepada kami, dimulai dari tausyiah pagi ngebahas tentang sholat ini, dalam hadist dijelasin kalo ni sholat banyak bener manfaatnya :


1. sama aja dengan sedekah ruas - ruas tulang
2. dijamin rezeki ampe petang
3.dicatat sebagai orang yang sukses.

kenapa sih nilai shalat ini begitu gede alias banjir pahala ?
jawabannya adalah gak semua orang dapat ngelaksanain ni sholat, yah begitulah dunia , dipagi hari udah sibuk nyiapin seragam, peralatan kerja, dan sarapan, belum lagi macet sepanjang perjalanan, dan  sesampainya ditempat bekerja , tugas alias kerjaan udah pada numpuk, jadi gak sempet untuk ngamalin sunnah nabi yang satu ini, padahal sholat ini juga termasuk waktu relaksasi sejenak bagi para pekerja, karena semakin lama kita bekerja makin menurun konsentrasi dan solusinya ya wudhu dan kerjain ni dhuha , insya Allah pikiran jadi lebih fresh dan hatipun jadi tenang.

Ada banyak alasan yang ku temui kenapa pelajar sman 6 sering banget alias rajin ngerjain dhuha

1. memang murni ngerjain ni sunnah berharap kemudahan dalam belajar
2. sekedar pelarian dari kantin karena gak punya duit untuk jajan ..haha
3. kumpul-kumpul atau sekedar istirahat dimushollah

terlepas dari pada alasan mereka tapi pada intinya begitu besar antusiasme pelajar sman 6 palembang membuat temen - temen dari sekolah lain nanya" eh di sman 6 tuh diwajipin dhuha ee ? " jawabannya adalah karena kami telah membuktikan kedahsyatan dhuha ...

pernah suatu ketika, aku mau buktiin kalau kita sholat dhuha rezeki akan dicukupin oleh Allah , jadi aku ngerjain nih sholat nah kebetulan alasannya nomor 2 nih , gak ada uang untuk jajan, selepas sholat aku masih bertanya didalam hati, " bener dak ee ?" dan subhanAllah bener nian pas sore - sore, mama pulang bawak pempek yang banyak , dan aku pun teringat bahwa rezeki dicukupin ampe petang, subhanAllah yah.
masih banyak cerita lain perihal selain dapet pempek 

namun satu hal ngelaksanain dhuha selain di sman 6 amat susah banget, loh bakalan dapet godaan yang besar , dimulai dari acara tv, acara kumpul bareng temen , atau hal - hal lain yang sebenernya gak loh niatin.
jadi selepas dari sman 6 dan mempertahanin dhuha loh ditempat yang beda dari sman 6 suatu tantangan yang berat, tapi kalo loh ikhlas karena Allah ngejalaninnya insyAllah selalu ada waktu untuk dhuhamu.

oke sobat hal yang perlu kita ambil pelajaran adalah sebelum ngelakuin sesuatu perhatiin , yang kita kerjain bakal ada guna atau manfaat gak, seperti halnya sholat dhuha bagi mereka yang telah merasakan manfaatnya bakalan berusaha untuk nyempetin waktu untuk ngerjainnya meskipun gak setiap hari, dan bagi mereka yang belum mencoba jangan ngejek atau memandang sebelah mata, karena kata rosul barang siapa yang membenci sunnahku maka ia bukan golonganku, mau gak diakuin ummat rosul ?
so jangan banyak koment kalau gak mau ngerjain. 

0 komentar:

Posting Komentar