Sabtu, 27 September 2014

Bangga Jadi Anak Sipil

Dulu pas gue masih cupu dibangku sma , ditanya temen temen maunya masuk kuliah dimana ? Gue spontan jawab kedokteran atau kalau kagak ya teknik sipil. 
kita skip aja cerita kenapa gue mau masuk kedokteran waktu itu heheh, sekarang gue mau ceritain gimana itu teknik sipil. buat elo yang masih SMA yang kepingin banget masuk teknik sipil baca abis ni tulisan atau bagi lo yang masih berstatus mahasiswa baru diteknik sipil dimanapun kampus yang lo pilih, gue cuma pesen, lo mesti semangat dan kudu kerja keras disini

Membangun mimpi, want to be the Civil Engineer



Teknik sipil itu gue bayangin pas sma itu sekedar ngerancang gedung , dan jembatan huih keren , tapi sipil itu bukan cuma gedung bro, sipil itu luas segala aspek kehidupan itulah peran teknik sipil, bicara kesehatan ? orang teknik sipil ngebangun rumah sakit, bicara soal ekonomi ? orang sipil banyak kerja dibank, bahkan lo nyemplung ke laut pun orang sipil bisa berperan di penambangan minyak lepas pantai.

Kalo orang bilang gini, lah apa bedanya arsitek dan sipil ? toh sama sama buat bangunan, buat rumah ? hehe, ni pertanyaan umum banget yang lo dapetin dimasyarakat, sedikit yang menyamakan sipil dan arsitek ialah sama sama juga belajar perancangan bangunan, yang ngebedain itu terletak dari spesialisasi/konsentrasi yang mereka pelajarin.

Anak arsitek setau gue belajar desain eksterior dan interior rumah, belajar studio perencanaan gambar, ngebuat maket dll yg gak banyak gue tau soal arsitek, setahu gue mereka juga belajar struktur bangunan tapi gak ampe bikin kepala mereka botak kayak anak sipil yang ngerjain soal analisa struktur hehe


Disipil lo bakalan belajar struktur geoteknik,sumber daya air,transportasi dan management konstruksi.









1. struktur
ini pelajaran pokok diteknik sipil, kata dosen gue nih kalo udah lulus di sembilan (9) mata kuliah struktur lo udah dianggep insinyur men, lo bisa pulang kerumah dan ngadain syukuran atas kelulusan lo. Matakuliah struktur ini kita ninjau gaya yang bekerja pada suatu balok maupun batang, pelajaran awal yang bakalan lo temuin itu mekanika teknik dalam hal ini statika.

Statika ini  lanjutan dari pelajaran sma lo dulu yaitu  torsi, yuph torsi itu gaya dikali jarak , nah istilah ini sih dibilang momen gaya, lo juga bakalan belajar kelanjutab pelajaran fisika tentang titik berat, kalo istilah disipil mah inersia . Terus ampe kesemester atas, lo bakalan nemuin pelajaran yang bakalan buat otak lo cidera haha. 

struktur ngebahas analisa kekuatan suatu bangunan, mulai dari kolom, balok,plat lantai, kuda - kuda baja, sampe beton yg diisi besi (istilahnya beton bertulang ), dan lain lain. Jadi kalo elo gak paham bener dengan struktur jangan coba coba bikin jembatan kata dosen gue, bakalan roboh ehehe. 

2. Geoteknik
ini mata kuliah yang asyik banget bagi gue, kalo lo orang awam, tanah itu ya tanah, gak ada beda, tapi ketika elo udah kenal ni pelajaran geoteknik lo bakalan ngerasa cupu banget, karena tanah itu punya klasifikasinya men, punya sifat yang mesti lo kenalin, bukan cuma tanah humus doang yang lo pelajarin  disekolah.

mekanika tanah adalah ilmu dasar dalam geoteknik, dimata pelajaran ini , lo bakalan belajar komposisi tanah yang keisi air,udara dan butiran tanah itu sendiri. lo juga bakalan tahu gimana ceritanya tanah itu punya sifat sifat unik, belajar kepadatan tanah , penurunan tanah dan tekanan yang diberikan oleh tanah.

setelah lo paham bener ini pelajaran lo bakalan belajar gimana cara nahlukin tanah dengan cara ngebuat pondasi diatasnya sebagai tempat berpijak dari bangunan yang bakalan lo buat, pokoknya seru banget, lo belajar ilmu avatar yaitu pengendali tanah, ya meski rada memusingkan tapi geoteknik itu keren sumpah.

3. Sumber Daya Air
ini mata kuliah yang mempelajari sifat sifat fluida air dan penerapannya dilapangan, kalo lo sma dulu belajar namanya mekanika fluida , itulah ilmu dasar diteknik sumber daya air disipil, lo bakalan belajar persamaan kontinuitas air. Gue pikir orang bikin saluran pipa air itu ngasal, eh ternyata sistem pipa itu punya perencanaan tersendiri gila sumpah ngerasa bego bener sebelum masuk sipil, lo bakalan belajar cara ngebuat selokan kalo istilah sipilnya draenase, lo juga belajar cara dan teknik penyaluran irigasi dilahan pertanian ,dan masih banyak lagi ilmu air yang lo pelajari disini

4. transportasi
ini mata kuliah gimana hebatnya manusia ngebuat sistem lalu lintas dan transportasi demi kelancaran ekonomi, dan sosial dalam peradaban umat manusia. huih kalo lo belajar transportasi lo bakalan belajar gimana caranya ngedesain permodelan transportasi, ngedesain jalan kereta api, bandara,lapangan terbang dan pelabuhan yang buanyak bener jasanya buat umat manusia yang mau mudik hehehe.
transportasi adalah ilmu penting yg lo pelajarin disipil, lo bakalan tau kalo ngebuat jalan itu bukan seenak ngupil, eh masuknya seenak udelmu, lo bakalan belajar gimana ceritanya belokan jalan itu direncanaanin sehingga aman dilalui lalulintas.


5. Management konstruksi
mata kuliah Management konstruksi di teknik sipil ini amat vital banget kalo lo gak ngerti basicnya, inti dari management konstruksi yaitu elo mendesain suatu perencanaan proyek dengan efisiensi biaya dan efektivitas kerja,lo belajar gimana caranya melobi tender proyek biar bisa lo kerjasama didalamnya, lo juga belajar gimana ngatur dan ngendaliin jadwal pelaksanaan konstruksi, perhitungan alat berat penunjang proyek, dll. Intinya kalo management elo ancur tu proyek bakalan gak karuan bentuknya,dan tentunya merugi secara finansial


Kayaknya itu doang sedikit tentang basic ilmu yang bakalan lo dapetin diteknik sipil, ya gue memang belum jadi pakarnya diteknik sipil tapi gue mencoba berbagi dari apa yang udah gue dapetin, intinya elo mesti bangga jadi anak sipil, kita anak sipil sebagai perancang dunia, menata dunia, membangun dunia tentunya atas izin tuhan heheh.



bro lo perlu inget satu hal, selama belum kiamat, dunia ini akan terus membangun peradaban dan sepanjang itu pula teknik sipil akan dibutuhkan untuk membangun indonesia yang kita cintai