Jumat, 03 Januari 2014

Bicara soal IPK

Sekarang kita bicara soal mahasiswa dan ipk, ini dua kata yang tidak bisa dipisahkan dari warna warni serta lika liku dunia kampus. Bagi kita yang kini menyandang predikat mahasiswa, tentulah menginginkan hasil terbaik selama mengikuti perkuliahan, itulah yang biasa disebut Indeks Prestasi Kumulatif yang nyaring terdengar ditelinga kita dengan sebutan IPK.

Agak sensitif kalo anda bertanya pada teman anda mengenai nilai IPKnya saat ini, karena tidak semua mahasiswa senang jika ditanya soal ipk, konon ipk itu soal privasi bro, jadi kudu jaga hati jaga perasaan, pada dasarnya penilaian mata kuliah yang termaktub dalam ipk rada nerawang nerawang gitu .

gue contohin, nih lo bayangin ada temen gue yang udah rajin kuliah, sampe hari minggu pun datang hehhe , tugas dibikin, uts hadir, dan uas juga datang tapi pas liyat nilai kuliah, jeger cetar membahana tu temen gue dapet nilai D , rada kagak manusiawi tu dosen , menurut penuturan temen gue yang identitas disamarkan , dia memang gak jawab full tu kertas ujian tapi dia bilang , paling enggak gue layak dapet C begitu tutur temen gue.







lain hal nya dengan orang yang gila dengan nilai, udah dapet B pada untuk mata kuliah terntentu eh malah mau ngulang mata kuliah tersebut istilahnya semester pendek biar bisa dapet A, memang sih siapa coba yang kagak mau dapet nilai A, gila boy, tu bobot sks dikaliin dengan 4, apa kagak ngedongkrak banget ipk lo, tapi secara etis gak etis nih kalo menurut gue memang itu hak tu orang, tapi orang lain bisa nilai mau cari nilai apa mau cari ilmu.









weh serem banget itu omongan tapi bener nih, gue rasanya ditampar tampar hati ini , pas salah satu dosen gue bilang tu omongan tadi " jangan cari nilai, tapi carilah ilmu". beliau melanjutkan petuahnya " bapak kasih contoh, ada teman kamu kumlaut( hukum laut) heheh, ipknya 3,5 , dengan satunya lagi ipknya pas pasan 3koma, pas ngelamar kerja teman mu yg ipk 3.5 ini memang jago kalo soal disiplin ilmu tapi kurang basic penunjang sedang yg ipk 3 ini memang ilmu pas pasan, tapi jago di bahasa asing dan berbagai soft skill lain, nah sambung ni dosen yg pernah mengenyam MSCE di Amerika serikat ini, minimal ketika perusahaan mau milih , minimal mereka bingung antara kedua orang ini jadi nak kuliah disipil ini jangan cari nilai, tapi cari lah ilmu banyak banyak.





Ipk yang kecil gak serta merta menghantarkan lo punya masa depan yang suram bro, karena kita kagak tahu nasib kita kedepannya, bisa jadi teman lo yang kuliah rada setengah setengah sadar, rajin gak dateng, dan pas ujian celingan celinguk malah punya relasi yang bagus dalam ngelamar kerjaan, sedangkan lo yang tiap malem betapa dengan buku lo, belajar ampe rambut lo botak, mata lo jadi sembab, yang udah setegah hidup berjuang keras dikuliah eh ternyata nasib kagak berpihak ? emang bener barang siapa yang bersungguh sungguh maka ia akan mendapatkan apa yang dia inginkan, lah enak kalo dapet, kalo kagak ?



jadi gue mengutip omongan pak anis baswedan saat memberi mata kuliah umum di auditorium kampus unsri indralaya pas gue baru jadi mahasiswa baru unsri," ipk itu yang penting cukup, cukup untuk beasiswa, cukup untuk kerja , cukup untuk nyambung kuliah" , pak rektor universitas paramadina begitu santai dan bijak kalo ngomong, beliau kagak ngobrol yang kagak penting seperti ngebakar semangat mahasiswa baru dengan kalian mesti ipk gede, nilai A semua, dan blabla, karena beliau tentunya juga pernah jadi mahasiswa dan sudah banyak pengalamannya, dan memang ipk itu sekali lagi hanya "syarat" pas ngelaman kerja.

setahu gue ya kalo ngelamar kerja ipk minimal 2,75 kalo mau ngajui beasiswa ipk 3, ataupun mau lanjut kuliah palingan ipk 3,2 diusahain "cukup" untuk syarat aja deh bro hehehe.





salah satu dosen yang gue senengin dikuliah bilang gini," ipk itu tidak menggambarkan kemampuan seseorang secara keseluruhan, yang kerja dengan saya ipknya diatas 3 semua, tapi giliran saya suruh ini, mereka bilang" lupa pak, kagak ngerti pak, gak bisa pak, ya biarpun nilai kalian c tapi kalo disuruh kalian bisa , itu lebih orang hargai"






kagak munafilah kalo kita ngeharap nilai yang bagus untuk matakuliah yang kita ambil, tapi jangan sampe kita mengahalalkan segala cara untuk dapetin nilai yang gede tadi, sampe nyontek (hehe walau mahasiswa gak lepas dari nyontek), ngejilat dosen (istilah cari muka padahal kemampuan biasa biasa) , dll







ni gue kasih contoh yang pernah gue alamin disemester lalu, ada salah satu mata kuliah yang gue yakin bener bisa dapet nilai bagus, tapi lo bayangin pas keluar nilai gue dapet B , loh harusnya bersyukur bro, tapi eits bentar dulu, temen gue yang jujur bilang sama gue," kir, pas uas kemaren asli aku jawab basing ( kalo bahasa indonesianya asal/ngawur) gak ngerti dengan tu soal ujian kemaren, tapi pas keluar nilai dapet A, asli ibu itu nembak nilai".  nah gimana menurut lo ? nyesek kagak ? nyesek lah. Rada kagak ikhlas dan geleng geleng ni kepala, tapi ini realita kuliah bung !

uda pernah ngalamin sakitnya dapet nilai hasil kuncang dadu ( istilahnya nembak ), ada temen yang dapet nilai A padahal kalo di tes gue yakin dia kagak bisa dapet nilai A, ada juga temen yang punya kemampuan bagus tapi dasar nasib sial malah dapet nilai C ataupun D, mau protes mah kata temen temen dari pada nambah masalah, toh nilai juga belum tentu berubah, diulang aja disemester depan, memang kalo bicara nilai itu hak veto dosen , mahasiswa mah pasrah aja.



gue juga heran kenapa masih ada tipikal dosen yang kayak gitu di 2014 kayak gini, gimana mahasiswa mau semangat kuliah toh yang dia usahain selama satu semester ini gak kebayar dengan layak. Namun intinya IPK jangan jadi patokan kesusksesan lo boy, usaha terus aja dengan baik dan tentunya dibarengin dengan sikap yang baik pula terhadap sesama dan gak lupa berdoa pada tuhan semoga masa depan selepas kuliah bisa cerah.










akhir kata, biar pun ipk lo 2 koma, 3 koma, sampe 4 koma, yang jelas lo udah maksimal usaha untuk kebaikan masa depan lo, prasangka baik aja dah, toh kita udah usaha dan selepasnya tinnggal berdoa. Tetep semangat dalam kuliah , terus ngampus sampe mampus hehhe.

semoga bermanfaatt.