Jumat, 19 Agustus 2016

akhirnya skripsi itu telah berlalu ......

lama tak menulis di blog

gue bosen ditanya tanya "kak kapan wisuda ? "
gue bangganya sekarang jawab ntar tanggal 24 agustus gue wisuda

lo tahu, kapan wisuda itu adalah pertanyaan paling horor yang ditanyain seorang mahasiswa baru sebut saja maba kepada seniornya

sampaikan lah risalah ini  dengan bijak " dek, belum saatnya dikau mengucapkan dan mendengar kata skripsi ,karena itu terlalu berat untukmu " padahal omongan tadi hanyalah penghibur diri bagi para mahasiswa yang dirundung deadline kapan sidang sarjana

oke, bicara soal skripsi didefinisikan sebagai karya ilmiah dari seorang mahasiswa yang digunakan sebagai syarat mengambil gelar sajana, gue gak pernah baca definis skripsi menurut kamus besar bahasa indonesia, tapi yang jelas kira kira gitulah intinya hehe.



skripsi lo gak bisa kayak tugas biasa bro, temen temen lo gak banyak bantuan soal kerjaan lo yang satu ini, oke di masa masa indah semester awal lo masih bisa titip absen, titip tugas, dan lain lain soal urusan kuliah, tapi untuk yang satu ini lo mesti usaha sendiri bos #pukpuk



ya mau gak mau lo mesti ekstra mikir keras dengan berbagai macam referensi buku , jurnal, dan literatur ilmiah lain yang mesti lo kumpulin dan lo susun untuk merangkai karya ilmiah yang disebut skripsi. lo bayangin orang kayak gue yang bahasa inggris pas pasan mesti siap google translate, dan puluhan paper cuma buat ngartiin maksud itu teori apaan, lelah abang dekk


lo duduk di kursi berjam jam , menanti wahyu dari tuhan untuk inspirasi tulisan lo bab demi bab, sampe sampe lo gak ngerasain lagi kalo lo punya bokong udah panas diatas kursi

gimana rasanya udah berhari hari , bermalam malam dan bertahun tahun (over) lo nyusun itu karangan eh ternyata eh ternyata lo kena zonk !!!! penulisan lo salah, acakadut, gak sistematis, oh tuhannnn cobaan apalagi ini

ya meski hati rada pilu dan hancur berkeping keping, kalo lo cuma ngomel dan ngedumel itu revisi kagak mungkin selesai sendiri bos, lu mesti nurut deh apakata pembimbing, hidup mati skripsi lo ada di ridho pembimbing eaaaa

kembang kempis dompet ini udah tak lagi terasa, dikala uang dengan mudahnya raib untuk membeli berbagai macam kebutuhan, mulai dari kertas A4 80 gram sebanyak x riim , dan buku buku referensi teori, serta macem macem yang gak bisa disebutin satu persatu.

hal yang paling panik saat lo ngerjain skripsi adalah lo liyat temen satu kloter ketika sidang proposal skripsi udah pada maju untuk sidang sarjana bulan ini !!!!
lemes dah, gue ketinggalan naik angkot bos.....
tapi ya mau diapain lagi, gue di semester ini masih terpaksa berjuang untuk merubah nilai matkul vitamin c supaya berubah menjadi Alhamdulillah yah sesuatu, kepaksa pahlawan sejati mengalah untuk kali ini, sukses teman teman kalian hebat, gue ini aja masih belum kelarrr

cobaan datang kembali ketika ada sampel proyek datang di masa keritis, dan pengen di uji, yaudah itung itung menghibur diri yang stres kita main tanah dulu di lab














Kalo selama ini lo sering kepo di skripsi orang, pasti ada ucapan terimakasih, mulai terimakasih sama tuhan, dosen, keluarga, sahabat, dan pacar, tapi untuk kali ini nama pacar gak ada yg gue ukir bro #jomblo yang tertatih tak ada penyemangat skripsi #RIP

cerita di ruang sidang, gue dapet urutan terakhir, urutan yang paling gak di harepin karena lo bakal melihat sepanjang jalannya sidang suara kegaduhan dan menyeramkannya ruang sidang sarjana, ada yg disidang 1 jam lebih, ada pula yang sampe 2 jam, semua hal tadi sempat membuat nyali saya ciut, tapi ketika sudah masuk ruang sidang semua berubahhh

justru dosen geoteknik banyak membantu saya selama jalannya sidang, bahkan sesepuh geoteknik sipil unsri pak indra pun malah menolong saat terlontar pertanyaan seputar skripsi saya oleh pak imron, gue terharu banget, lo tau gue cuma sidang sarjana gak sampe  1 jam, kira kira 45 menit bro, gue gak tau apa yang gue ucapin selama presentasi sudah buat dosen nerima skripsi gue, atau dosen yg udah bosen karena gue urutan terakhir, tapi ini merupakan suatu keberuntungan buat saya, terimakasih ya Allah,

kadang kadang kepengen juga liyat orang selepas sidang atau sebelum sidang sarjana disupport pacarnya, tapi kayaknya hal tadi gak nolong lo pas di ruang sidang dibantai oleh dosen hahaha, lo modal semangat gak cukup , lo butuh KEBERUNTUNGAN DARI TUHAN please di catet hehe

gue selalu ngehibur diri dengan kata kata bijak, yang jelas dibalik itu semua kata tuhan pasti ada kemudahan , pasti ada hikmahnya
hikmahnya adalah gue punya waktu 1 bulan lagi untuk menyelesaikan cobaan terberat bagi tingkat mahasiswa strata 1 ini

lepas dari ruang sidang, rasa nya lega lebih lega dari sekedar BAB, atau keluar kentut selepas operasi, rasanya pundak ini udah ringan, kepala udah gak lagi puyeng, dan muka kini terpampang senyum merona,

dan akhirnyaa......
kesabaran itu berbuah hasil.....
alhamdulillah lulus sidang sarjana ......
sedih, haru, dan semua emosi tumpah ruah....
akhirnya selesai jugaa.....







terimakasih buat bu ratna dewi dan bu yulindasari atas berkat bimbingan beliau akhirnya skripsi ini bisa selesai.

kalo ada kesempatan saya mau jadi dosen bu hehe, saya sudah berpengalaman mengajar bimbel dari level sd,smp, sma tinggal anak kuliahan di kelas yang belum saya ajar, buat pembaca mohon di doain sambil menengadahkan kedua tanganmu  sambil berucap aaamiiin












gue yang dulu ngebet banget mau sekolah ampe S2 ternyata disalip rekan gue julita (dipanggil tangek) , dia udah jadi mahasiswa S2 geoteknik ITB bro, congratulation ngek sujud dulu aku samo kau heheh













spesial support buat rekan rekan "crackers (kerak)" teknik sipil  2012 indralaya yang sudang datang pas saya sidang, buat kak aulia selaku guru spiritual saya selama kuliah heheh












kak amin yang la datang ke kampus

dan keluarga saya yang tercinta rekan laboratorium mekanika tanah teknik sipil unsri 2012, semoga 2013 jugo tahun depan cepat sidang sarjana dan ludesss hehehe



semoga cerita ini menginspirasi kalian yang belum kepikir skripsi jadi mulai cari judul skripsi, buat kalian yang lagi skripsi gue sumpahin cepet kelarrr, salam semester akhir

akhirnya skripsi itu telah berlalu...
merdekaa.....


0 komentar:

Posting Komentar