Selasa, 29 Desember 2015

Inspirasi seorang Guru Muda




Menurut saya , mengajar itu adalah sesuatu yang asyik dan mengasyikkan , ya meski kadang saya berfikir ini bukan dunia saya yang kagak ada sangkut pautnya dengan dunia teknik sipil. 


Awal kuliah semester satu lalu dapet tawaran dari bu khusnul untuk coba ngelamar jadi guru piket di bimbel saya dulu, gilland ganesha, waduh antara percaya gak percaya tawaran ini lumayan untuk nambah pengalaman dan juga mumpung masih semester awal alias maba, cie masih mudaa



mungkin dikarenakan saya dulunya masih aktif di organisasi dakwah alumni,sebagai seorang murobbi yang membina kader, sedikit banyak mirip dengan guru namun ini lebih kereligius ya hehhe,
punya pengalaman mendidik alias ceramah hahah

ini foto saya dengan kelompok mentoring sman 6 palembang





 surat lamaran pekerjaan pertama yang saya buat ya kerja jadi guru bimbel hehe dan di seleksi dengan soal matematika dan kimia, beruntung saya lulus dari soal soal tersebut dan keterima jadi guru ciye seneng banget, untungnya saya gak sendirian, bersama teman saya salman mahasiswa kedokteran umum unsri , kami berdua mengabdi di bimbel almamater kami,grogi itu lah kesan awal saya saat diminta untuk menjadi guru piket.


korban pertama saya eh maksudnya siswa pertama saya yang sial , kenapa sial ya karena dia mesti konsul pr sama anak sipil yang mendadak jadi guru bimbel, mereka adalah bocah bocah kelas 9 smp yang masih polos bagai selembar kertas putih yang mau gue coret coret, eh maksudnya mau di lukis dengan warna warni ilmu eeaa,ceritanya ini bocah pada mau masuk SMA favorit di kota palembang, sok mulai kembali kejalan yang benar untuk lulus di SMA favorit tersebut.


mereka adalah naflah, annisa kalo gak salah ada 3 anak yg namanya annisa, iza, ayu,ghinda , dan beberapa anak lain yang gak hafal maaf yo dek hehe, ini mereka bertujuh atau nantinya bakal lebih dari ini ngeroyok saya untuk nanya soal soal smp, entah itu matematika atau pun fisika, haduh di kuliahan materi ini kagak ada matrikulasinya bos jadi gue kepaksa belajar lagi dari buku atau soal yang mereka tanyain, alhamdulillah gue dulu smp gak bodoh bodoh amat, jadi bisa gue takhlukin itu soal hahaha bangga banget jawab soal anak smp hahah.


ya itulah kesan awal kebahagian seorang guru muda yang baru belajar mengajar, ada kebahagiaan dikala saya mampu menjelaskan materi jawaban soal tersebut kepada mereka, dan mereka mengerti dari apa yang jelaskan barusan ,kadang kadang berpikir sok ilmiah anak kuliahan terlalu tinggi hingga mereka tak mengerti jawaban yang ku jelaskan ,udah panjang panjang jelasin eh mereka pada bengong , dek sakitnya tuh disini, nunjuk kaki yang di injek salah satu dari mereka

di bantu dengan salman , alhamdulillah kami mampu memuaskan mereka semua loh, maksudnya mereka pada seneng pr udah kelar, dan ilmu baru masuk ke otak mereka.Kabar baik itu terdengar alhamdulillah siswa yang sering konsul dengan saya lulus SMA favorit !!

duh mau nangis tapi mesti cool eaa, alhamdillah mereka ada yang lulus di SMA tempat saya sekolah dulu, SMAN 6 Palembang yang katanya unggulan IMTAQ huih dunia akhirat itu dek hahahah, ada juga yang lulus SMAN 17 Palembang , dan SMAN 3 Palembang, selamat dek kalian produk pertama saya yang berhasil hahaha

bahagia bener ketika mereka itu si anisa dan iza kasih makanan ayam goreng ke saya sebagai tanda terimakasih yang udah sabar ngajarin dan nanggepin konsul mereka selama PSB SMA favorit, wah tersanjung saya, memang gak seberapa tapi bakalan saya kenang seumur hidup penghormatan ini dek, terimakasih karena kalian buat kakak tambah semangat eaaa

nah ini bareng si naflah siswa konsul yg udah sma aja ini anak , si naflah ini adek nya temen gue satu angkatan di sma hehe


Seiring berjalannya waktu di Gilland, hampir semua level kelas sudah saya coba, intensif SNMPTN,Intensif masuk smp favorit, sampe anak anak sd yang lucu bener (asli nya gaduh sangat). Disini sedikit gue belajar psikologi pendidikan eeaa gue juga gak ngerti maksudnya apaan, intinya gini , tiap tingkatan kelas itu mesti punya metode yang beda beda alias lo mesti tahan dibanting, eh tahan banting.

misal kayak anak sd itu lo jangan pakek bahasa planet neptunus , itu kepala bocah sd bisa keluar asep heheh, alias lo mesti kasih pemahaman ringkas dan sederhana, lo juga mesti memaklumin itu dunia bocah bocah yang masih pada mau maen di kelas, ribut itu biasa bos, tapi yang paling penting curi perhatian mereka, ya meski gak lama paling enggak gue bikin mereka perhatiin muka tentor yang ganteng ini eeaa

kalo anak smp, ini anak paling banyak nyari tau dunia luar bos, maklum udah gak ingusan dan ngompol di celana lagi hehe, ini anak udah mulai fashion, rambut udah keren, baju rapi, dan yang cewek cewek mulai centil, ia emang lagi massa nya jadi lo maklumin aja, lo mesti ngerti dan mampu bikin dia itu anggep lo kayak kakaknya sendiri, gue suka tersinggung kalo di kelas di panggil bapak, oiii dek aku ni masih mudooo, tolong lah panggil dengan kakak hehehe

 ini foto sama anak kelas aksel smp pusri yg pinter pinter, yg cowok pada jaim gak mau foto hehe


lain lagi kalo anak SMA,ini udah enak diajak belajar, udah pada gak centil gak heboh dan gak gaduh, udah pada nurut nurut heheh, dengerin mereka curhat masalah jurusan kuliah, dengan bijaknya gue ngarahin biar mereka gak tersesat dengan pilihan passing grade yang menyesatkan, intinya kalo pengen kuliah itu pilih jurusan yang lo minat, jangan atas intimidasi orang tua, bujukan temen, atau yang paling parahnya karena pacar mau pilih itu jurusan, dan satu lagi pilih sesuai prioritas yang pingin bener lo kuliah disana, kalo lo taruh cuma berdasarkan passing grade, ntar lo lulus ke jurusan yang lo gak suka, terus kuliah ogah ogahan disana dan akhirnya lo mesti nyoba lagi tahun depan, nah itu yang paling gak gue pengen ke anak didik gue, wihh bijak bener.

udah ampe berbusa ini mulut selalu nasihatin mereka untuk serius belajar, jangan sampe lengah karena masa studi kelas 12 sma itu singkat bener, jadi dimohon insyaf sementara dulu, ampe lo pada lulus universitas yang lo pengen, ceritanya gue gak bosan bosannya nasehatin anak didik gue untuk belajar yang rajin, dateng jangan telat, kalo belajar jangan maen maen mesti serius, dan petaka itu kejadian bos, mereka kepeleset pas ujian SBMPTN, dan mereka gagal di ujian skala nasional tersebut, alternatifnya ya kepaksa ikut ujian mandiri,terus gagal juga ya Allah, sampe pada akhirnya ujian politeknik di kota palembang mereka pada lulus, alhamdulillah seenggaknya mereka gak ada yang bunuh diri, mereka berterimakasih bener pas gue ceramahin supaya berubah, mereka berterimaksih bener udah sabar ngajarin mereka, alhamdulillah dek, kalian lulus be kakak sudah bangga, jadi kuliah la yang bener bener yo

ini foto bareng rombongan siswa yang pada ngerayain ultah pas pelajaran pak edison ,nyicip donat gratis heheh








coba tebak mana guru piketnya ?
duh gue masih awet muda, masih kayak seumuran kita dek hahaha

selama mereka di gilland ada yang chat personal siswa ke saya soal milih jurusan, masalah menumbuhkan semangat belajar yang saya juga kadang kadang males belajar di kampus hehhe, cerita cerita gimana kampus itu, jadi anak kuliahan yang kudu mandiri dan strong, kalian itu bukan lagi sekedar siswa dek, tapi udah jadi kayak adik sendiri hehe

ini acara doa bersama sebelum sbmptn di outlet kenten permai


di sipil juga ada siswa saya yg masuk teknik sipil unsri hehe, namun sayang mereka tak berminat untuk jadi guru piket atau kurang mampu mengatur jadwal mengajar dan kuliah, ada juga yang di kedokteran, STIS,STAN,Polsri,ITERA,dll, huah semakin naik kelas kalian dek, semakin tua saya disini hahah, tapi apapun itu sukses dah untuk kalian semua, semoga kita bisa saling membantu dan menolong suatu saat nanti

gak nyangka udah 3 tahun pengalaman ngajar di gilland ganesha, suka duka mengajar, dan kekeluargaan yang kental di gilland sebenernya bikin saya sangat betah disini, terlebih ada guru guru saya dulu macam pak edison, pak manlawi, pak nandar, pak sugio, sir septa, dll yang udah jadi guru yang menginspirasi saya untuk bersemangat mengajar, mencerdaskan anak bangsa wih keren

ini dapet THR minuman kaleng pas mau lebaran, alhamdulillah yah sesuatu



selama mengajar tak lupa banyak cendera mata yang saya beli hasil keringat yang halal ini, mulai dari buku kuliah sampai jam tangan, semua itu adalah simbol bahwa kita mesti menghargai duit yang kita peroleh, dulu saya cuma seorang siswa yang cuma minta uang jajan ke orangtua,namun selama mengajar disini saya mensimulasikan diri untuk cari uang sendiri , capek memang, otak pun terkuras, namun saya belajar ketika nanti sudah tamat kuliah gak shock kalo cari duit itu susah heheh

terimakasih atas kesempatan yang gilland ganesha kasih kesaya untuk dapat mengembangkan kemampuan penyampaian dalam mengajar, semoga ilmu yang saya kasih jadi amal jariyah untuk kalian adik adik ku eeaa

di kampus, saya juga bertindak selaku asisten, ya meski sebagai asisten lab mekanika tanah, setidaknya pernah ngajarin anak kuliah praktikum heheh, semoga naik tingkat kesampean jadi dosen di teknik sipil unsri heheh aaamiiin

ini lagi penjelasan pas di lab

 

lengkap deh kayaknya kalo udah jadi dosen, jadi sd, smp,sma, universitas dicicip dong hehe, mungkin ntar pas udah tua jadi guru ngaji di mushollah hahah, menjadi guru itu menyenangkan, anda akan berhasil jika siswa anda jauh lebih hebat dari anda, dan akan sedih bila mereka gagal.



rosulullah SAW bersabda yang artinya apa bila anak adam telah meninggal maka terputuslah segala amalnya kecuali 3 perkara, doa anak yang sholeh, ilmu yang bermanfaat dan sodaqoh jariyah.
udah satu yang saya punya walau cuma sebentar, dan saya berharap agar amal ini terus mengalir sampai akhir hayat.






semoga bermanfaat dan menginspirasi kita semua

0 komentar:

Posting Komentar